Setup Custom Email gratis dengan Zoho Mail

April 17, 2019

Zoho Mail sebagai salah satu produk Zoho, merupakan layanan mail hosting pihak ketiga. Zoho menawarkan layanan email gratis hingga 5 user untuk tiap domain yang Anda daftarkan.

Logo Zoho | sumber: zoho.com

Zoho adalah salah satu aplikasi online yang menyediakan berbagai fasilitas untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Aplikasinya beragam mulai dari aplikasi untuk kebutuhan sales & marketing, finance hingga email. Zoho juga menyediakan tools untuk menunjang produktivitas kerja seperti document creator, spreadsheet, tools presentasi bahkan hingga mencakup sosial media management.

Selengkapnya dapat Anda lihat pada laman resminya: https://www.zoho.com/workplace/

Berikut ini langkah-langkah untuk setup akun email gratis dengan custom domain di Zoho.

Daftar Akun Zoho

  1. Pertama masuk ke laman berikut: https://www.zoho.com/mail/
  2. Klik Sign Up
  3. Kemudian klik Get Started pada FREE PLAN
  4. Masukan nama domain-nya (misal: kwt.web.id) >> klik Add Gambar 1: Masukan nama domain
  5. Lengkapi data-data yang diperlukan dan centang (I agree to the Terms of Service and Privacy Policy.) kemudian klik PROCEED Gambar 2: Lengkapi data-data yang diperlukan
  6. Klik Sign Up kembali Gambar 3: Konfirmasi data-data
  7. Anda akan disuruh untuk memverifikasi akun dengan memasukan kode yang telah dikirimkan ke nomor ponsel yang Anda inputkan sebelumnya. Kemudian klik VERIFIKASI TELEPON SELULAR Gambar 4: Verifikasi telepon selular
  8. Selanjutnya, Anda akan disuruh untuk mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor, Anda bisa men-skip tahap ini terlebih dahulu dengan klik Ingatkan saya nanti atau Anda dapat mengaktifkannya untuk keamanan akun. Gambar 5: Aktifkan autentikasi dua faktor

Domain Setup

  1. Verifikasi Domain.
  2. Pilih DNS manager: Others
  3. Pilih verifikasi menggunakan CNAME atau dapat menggunakan metode Upload Files. Gambar 6: Pilih verifikasi menggunakan CNAME
  4. Kemudian tambahkan CNAME tersebut pada DNS management domain Anda.
  5. Penambahan record DNS pada domain akan membuat domain mengalami propagasi dan proses propagasi biasa memakan waktu 48 Jam tergantung ISP yang Anda gunakan.
  6. Apabila CNAME telah ditambahkan, klik Proceed to CNAME Verification Gambar 7: CNAME sudah ditambahkan
  7. Kemudian klik Verify Now Gambar 8: Verify Now
  8. Kemudian klik Create Account (isi sama seperti di step 3 saat mendaftarkan akun) Gambar 9: Create Administrator Account
  9. Add User
  10. Klik Proceed to Add Users Gambar 10: Add User
  11. Tambahkan user atau bisa di skip untuk melanjutkan prosesnya. Gambar 11: Tambah user
  12. User sudah ditambahkan, kemudian klik Back to Setup Gambar 12: User sudah ditambahkan
  13. Create Groups
  14. Anda dapat melewati tahap ini jika tidak diperlukan group untuk distribution list atau dapat Anda lanjutkan dengan klik Proceed to Create Groups. Gambar 13: Create Groups 1
  15. Klik Back to Setup untuk kembali ke Domain Setup, atau klik Add Group untuk membuat group. Gambar 14: Create Groups 2
  16. Configure Email Delivery
  17. Kemudian tambahkan mx record yang tertera pada gambar 15 ke DNS management domain Gambar 15: Tambahkan MX record pada DNS management
  18. Apabila MX record sudah ditambahkan, cek dengan menekan tombol MX Lookup Gambar 17: MX record sudah ditambahkan
  19. Kemudian klik OK lalu klik Next Gambar 16: MX record sudah ditambahkan
  20. SPF/DKIM
  21. Tambahkan SPF record pada DNS management domain Gambar 18:
  22. Klik Procees to Configure DKIM untuk konfigurasi DKIM Gambar 19: DKIM
  23. Klik tombol edit untuk mengaktifkan DKIM Gambar 20: Edit DKIM
  24. Kemudian klik Add Selector Gambar 21: Add Selector
  25. Masukan nama Selector kemudian klik Save Gambar 22: Simpan perubahan
  26. Tambahkan record TXT yang dihasilkan pada DNS management domain kemudian klik Verify Gambar 23: Tambah record DKIM
  27. Pastikan record SPF dan DKIM sudah resolve pada domain Gambar 24: SPF dan DKIM sudah resolve
  28. Klik Back to Setup
  29. Email Migration dan Mobile Acces
  30. Tahap ini dapat di skip

Test Pengiriman Email

  1. Test Kirim email ke email lain
  2. Masuk ke https://mail.zoho.com/zm/
  3. Klik New Mail
  4. Masukan email tujuan, subjek, isi email kemudian Send Gambar 25: Test kirim email
  5. Kemudian periksa pada kotak masuk email tujuan Gambar 26: Email sudah masuk
  6. SPF dan DKIM bekerja Gambar 27: SPF dan DKIM bekerja
  7. Test menerima email Gambar 28: berhasil menerima email

Selesai dan email siap digunakan..


Informasi tambahan:

  • CNAME record : Canonical Name digunakan sebagai alias
  • MX record : Record untuk pertukaran email (mail exchange). Fungsinya adalah untuk mengarahkan pengirim email dari luar ke mail server
  • TXT record: Record untuk data acak, biasanya digunakan untuk record SPF dan DKIM
  • SPF record (Sender Policy Framework): Menentukan server dan alamat IP yang berwenang untuk mengirim email dari domain anda. Fitur ini bekerja untuk mencegah email spam keluar.
  • DKIM record (DomainKeys Identified Mail): Merupakan sarana verifikasi email yang masuk. Hal ini memastikan bahwa email yang masuk tidak dimodifikasi dari pengirim. Fitur ini bekerja untuk mencegah pesan spam yang masuk.