Setup Custom Email gratis dengan Zoho Mail
April 17, 2019Zoho Mail sebagai salah satu produk Zoho, merupakan layanan mail hosting pihak ketiga. Zoho menawarkan layanan email gratis hingga 5 user untuk tiap domain yang Anda daftarkan.
Zoho adalah salah satu aplikasi online yang menyediakan berbagai fasilitas untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Aplikasinya beragam mulai dari aplikasi untuk kebutuhan sales & marketing, finance hingga email. Zoho juga menyediakan tools untuk menunjang produktivitas kerja seperti document creator, spreadsheet, tools presentasi bahkan hingga mencakup sosial media management.
Selengkapnya dapat Anda lihat pada laman resminya: https://www.zoho.com/workplace/
Berikut ini langkah-langkah untuk setup akun email gratis dengan custom domain di Zoho.
Daftar Akun Zoho
- Pertama masuk ke laman berikut: https://www.zoho.com/mail/
- Klik Sign Up
- Kemudian klik Get Started pada FREE PLAN
- Masukan nama domain-nya (misal: kwt.web.id) >> klik Add
3. Lengkapi data-data yang diperlukan dan centang (I agree to the Terms of Service and Privacy Policy.) kemudian klik PROCEED
4. Klik Sign Up kembali
5. Anda akan disuruh untuk memverifikasi akun dengan memasukan kode yang telah dikirimkan ke nomor ponsel yang Anda inputkan sebelumnya. Kemudian klik VERIFIKASI TELEPON SELULAR
6. Selanjutnya, Anda akan disuruh untuk mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor, Anda bisa men-skip tahap ini terlebih dahulu dengan klik Ingatkan saya nanti atau Anda dapat mengaktifkannya untuk keamanan akun.
Domain Setup
- Verifikasi Domain.
- Pilih DNS manager: Others
- Pilih verifikasi menggunakan CNAME atau dapat menggunakan metode Upload Files.
- Kemudian tambahkan CNAME tersebut pada DNS management domain Anda.
- Penambahan record DNS pada domain akan membuat domain mengalami propagasi dan proses propagasi biasa memakan waktu 48 Jam tergantung ISP yang Anda gunakan.
- Apabila CNAME telah ditambahkan, klik Proceed to CNAME Verification
- Kemudian klik Verify Now
- Kemudian klik Create Account (isi sama seperti di step 3 saat mendaftarkan akun)
- Add User
- Klik Proceed to Add Users
- Tambahkan user atau bisa di skip untuk melanjutkan prosesnya.
- User sudah ditambahkan, kemudian klik Back to Setup
- Create Groups
- Anda dapat melewati tahap ini jika tidak diperlukan group untuk distribution list atau dapat Anda lanjutkan dengan klik Proceed to Create Groups.
- Klik Back to Setup untuk kembali ke Domain Setup, atau klik Add Group untuk membuat group.
- Configure Email Delivery
- Kemudian tambahkan mx record yang tertera pada gambar 15 ke DNS management domain
- Apabila MX record sudah ditambahkan, cek dengan menekan tombol MX Lookup
- Kemudian klik OK lalu klik Next
- SPF/DKIM
- Tambahkan SPF record pada DNS management domain
- Klik Procees to Configure DKIM untuk konfigurasi DKIM
- Klik tombol edit untuk mengaktifkan DKIM
- Kemudian klik Add Selector
- Masukan nama Selector kemudian klik Save
- Tambahkan record TXT yang dihasilkan pada DNS management domain kemudian klik Verify
- Pastikan record SPF dan DKIM sudah resolve pada domain
- Klik Back to Setup
- Email Migration dan Mobile Acces
- Tahap ini dapat di skip
Test Pengiriman Email
- Test Kirim email ke email lain
- Masuk ke https://mail.zoho.com/zm/
- Klik New Mail
- Masukan email tujuan, subjek, isi email kemudian Send
- Kemudian periksa pada kotak masuk email tujuan
- SPF dan DKIM bekerja
- Test menerima email
Selesai dan email siap digunakan..
Informasi tambahan:
- CNAME record : Canonical Name digunakan sebagai alias
- MX record : Record untuk pertukaran email (mail exchange). Fungsinya adalah untuk mengarahkan pengirim email dari luar ke mail server
- TXT record: Record untuk data acak, biasanya digunakan untuk record SPF dan DKIM
- SPF record (Sender Policy Framework): Menentukan server dan alamat IP yang berwenang untuk mengirim email dari domain anda. Fitur ini bekerja untuk mencegah email spam keluar.
- DKIM record (DomainKeys Identified Mail): Merupakan sarana verifikasi email yang masuk. Hal ini memastikan bahwa email yang masuk tidak dimodifikasi dari pengirim. Fitur ini bekerja untuk mencegah pesan spam yang masuk.